Susu

Susu merupakan salah satu sumber gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia karena banyak mengandung protein, lemak serta vitamin. Susu menpunyai banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu berfungsi untuk membantu dalam proses pertumbuhan, sedangkan untuk usia lanjut, susu berfungsi untuk membantu menopang tulang agar tidak mudah keropos.

Kegunaan susu sudah dirasakan sejak zaman dahulu sebagai bahan pangan pokok manusia. Manusia mengambil susu dari hewan yang memiliki kelenjar susu seperti sapi, kuda, dan domba. Susu mulai dikenal oleh bangsa Indonesia lewat penjajahan bangsa Hindia Belanda pada abad ke-18.

Susu pada saat masih berada pada kelenjar susu dinyatakan dalam keadaan steril. Namun apabila sudah terkena udara sudah tidak terjamin kesterilannya lagi. Susu yang baik dapat dilihat dari warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasamannya. Warna susu dipengaruhi oleh jenis ternak serta pakannya.

Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putih berasal dari dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada dalam susu. Warna kuning berasal dari lemak dan beta karoten yang terlarut dalam susu. Warna biru akan muncul jika kandungan lemak pada susu diambil.

Rasa manis dan asin (gurih) berasal dari kandungan gula laktosa dan garam mineral. Berat jenis susu adalah 1,028 kg/L dan dapat berubah akibat dari perubahan kondisi lemak susu ataupun karena gas di dalam susu. Titik beku susu di Indonesia adalah -0,520 °C , sedangkan titik didihnya adalah 100,16 °C. Perubahan titik didih dan titik beku akan terjadi jika kadar airnya meningkat. Susu bersifat amfotir yang dapat berada dalam keadaan asam ataupun basa, pH susu berkisar antara 6,5-6.7. Bila pH susu lebih rendah dari 6,5 berarti terdapat kolostrum ataupun aktivitas bakteri.

Berdasarkan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya, produk susu dapat dibedakan menjadi susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu randah lemak (low fat milk), dan susu bebas lemak (free fat milk) atau susu skim (skim milk). Selain dari hewan, susu juga dapat berupa susu nabati misalnya susu kedelai. Susu sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Untuk itu, kita dianjurkan untuk meminum susu minimal sekali sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein, lemak, dan mineral.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: